ARTI DARI WARNA-WARNI BENDERA PELANGI

Adalah Gilbert Baker, seniman asal San Fransisco yang memperkenalkan bendera tersebut pertama kali pada 1978.

Penggunaan bendera tersebut diartikan sebagaibentuk kebanggaan dan pergerakan kaum LGTB dalam menunjukkan keberadaan mereka.

Sejumlah tulisan menyebutkan jika Gilbert menciptakan Rainbow Flag karena terinspirasi dari lagu 'Over The Rainbow' milik penyanyi Judy Garland.

Judy Garland sendiri dikenal sebagai icon LGTB. Selain itu, ada juga yang menyebut jika Gilbert membuat Rainbow Flag karena terinspirasi dari Flag of the Race atau Flag of the Human Race (bendera ras manusia).

Flag of the Human Race sering digunakan mahasiswa era 1960-an saat melakukan aksi unjuk rasa. Sejak diperkenalkan pertama kali, Rainbow Flag telah mengalami modifikasi sebanyak dua kali.

Perubahan pertama terjadi pada 1979. Pada desain pertama, terdapat delapan warna di antaranya merah muda, merah, oren, kuning, hijau, biru muda, biru, ungu. Oleh Gilbert, warna merah muda kemudian dihilangkan.

Warna merah mudadihilangkan karena pabrik tidak memiliki warna tersebut sebagai bahan Rainbow Flag. Perubahan kedua juga masih terjadi pada 1979. Kali ini warna merah muda dihilangkan.

Berikut dari arti dari macan-macam bendera pelangi. (Lihat gambar)

Komentar

Sering Dibaca

BUKU ANAK INI ADALAH BUKU SYI'AH

TIGA KATA SULIT DAN TERLARANG DIUCAPKAN