SITU GUNUNG SUSPENSION BRIDGE, JEMBATAN GANTUNG TERPANJANG SEINDONESIA


Jembatan Gantung Situ Gunung

Situ Gunung Suspension Bridge berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Situ Gunung Sukabumi ini terletak pada ketinggian kurang lebih 850 mdpl dengan menyajikan panorama alam yang indah dan ditambah lagi dengan udara yang segar dan bisa membuat kamu betah di tempat ini dan airnya sudah pastinya dingin bingit gaes. Jadi jangan lupa bawa jaket yaa. Kamu akan dikenakan biaya masuk area kawasan sebesar Rp. 16.000/orang untuk hanya kunjungan wisata alam saja, dan 24.000/orang untuk yang ingin berkemah.


Daftar Harga Tiket Masuk Kawasan Situ Gunung


Saya tiba bersama Keluarga Jagoan, pada hari Jumat (26/07/2019) malam kurang lebih sekitar jam sepuluh malam, dan berhubung loket sudah tutup saya coba mencari pengelola yang bertugas untuk daftar sekaligus membayar biaya masuk untuk berkemah, maka saya pun bertanya ke salah satu kantin yang buka diarea parkiran, kata kang kantin bisa daftar dan bayar ke rumah persis dibelakang loket gerbang masuk, tidak jauh kok... dari gerbang masuk belok ke kiri, langsung deh dan langsung disapa "ada yang dibisa dibantu a?"


Menjelang Jam Sebelas Malam Memasang Tenda Kemah

Setelah mendaftar kami lalu diantarkan ke area camping groundnya tidak jauh dari pintu masuk Situ Gunung Suspension Bridge. Langsung aja deh kami mendirikan tenda, masak air buat yang anget-angetin badan, cus langsung tidur deh, biar paginya bisa langsung ke Jembatan Gantung yang lagi viral itu loh, yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang se-Indonesia Raya.

Minum Secangkir Cokelat Untuk Menghangatkan Badan


Sukabumi atau kata anak jaman now disebutnya Like Earth, memang sudah dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki potensi tempat wisata yang sangat indah dan banyak sekali. Salah satunya yaa Situ Gunung Sukabumi ini gaes. Dulu waktu saya kecil taunya sih hanya ada Salabitana yang biasa dikunjungi oleh rombongan sekolahan atau ibu-ibu PKK hehe...  bener gak yaa... klo salah artinya kita beda tempat tinggal dan beda angkatan hehe...

Area Parkir Situ Gunung

Suasana Camping Ground Dikelilingi Pohon Besar dan Tinggi

Banyak Pohon Tinggi Beraneka Jenis

Setelah matahari sudah mulai menyinari sekitar, baru deh terlihat pohon-pohon tinggi besar mengelilingi area camping ground kami, kemaren malam soalnya gelap banget gaes, dan nama area camping ground kami bernama Bagedor, yang dalam bahasa sunda artinya batang pohon pisang yang biasa dipakai untuk pegelaran wayang. Masih banyak Camping Ground lainnya kok, termasuk adanya glamor camping didalam Kawasan Situ Gunung Suspension Bridge.

Untuk toiletnya cukup bersih, hanya disayangkan banyak orang yang berkemah tidak peduli akan kebersihan toilet itu sendiri, seperti tidak menyiram bersih kembali jejak tanah sendalnya dibiarkan pergi begitu saja pergi kembali ke kemahnya, padahal saat masuk toilet dalam keadaan lantai bersih tanpa jejak sendal.

Bagedor Nama Salah Satu Area Camping Ground 

Tenda Kemah Kami


Tak bisa dihindari para wisatawan pun berdatangan, apalagi setelah banyaknya foto viral jembatan gantung dan berita telah diresmikannya Situ Gunung Suspension Bridge pada bulan Maret 2019 kemarin, yang panjang jembatannya terbentang sejauh 250 meter yang melintasi hutan Pohon Kayu Puspa, Damar dan Rasamala dengan ketinggian 150 meter akan menggoyang adrenaline kamu. Dan pastinya ini sangat instagramable bingit buat millenials yang hobi mengunggah foto. Disini kamu akan dikenakan tiket masuk  Rp. 50.000 untuk dewasa dan Rp. 25.000 untuk anak-anak dibawah 10 tahun. Dibayar di loket masuk Situ Gunung Suspension Bridge.


Gerbang Masuk Situ Gunung Suspension Bridge


Jembatan Gantung ini merupakan penghubung antara Blok Kaliandra ke Blok Puspa. Sarana ini memudahkan bagi pengunjung untuk mengakses ke Curug Sawer. Ketika berjalan di jembatan tersebut kamu bisa melihat ke bawah menikmati pohon-pohon yang hijau, seperti Rasamala yang memiliki tinggi sekitar 30 meter dan Puspa dengan tinggi 20 meter.



Situ Gunung Site Map

Tiket Masuknya Sudah Bersistem QR dan Barcode 

Dari loket masuk, sedikit berjalan kamu akan dijamu dengan welcome drink, disana ada teh manis hangat dan kopi hitam, dengan cemilan ringannya seperti singkong dan pisang rebus. Kamu akan duduk-duduk dulu disini sambil menonton teater pergelaran musik tradisional Sunda. Sayangnya pas kami disana belum ada yang pentas di teater itu, masih sepi gaes, mungkin karena kami datengnya kepagian yaa... pas pulang menjelang siang baru deh ada terdengar alunan musik sunda.

Welcome Drink Situ Gunung Suspension Bridge

Jembatan Gantung Situ Gunung Diresmikan Bulan Maret 2019


Rasakan Selfie Bersama Naiknya Adrenaline
Instagramable

Tempat Favorit Untuk Selfie

Ini Dia Keluarga Jagoan

Setelah berjalan melewati Jembatan Gantung, kamu akan menuju ke Air Terjun Curug Sawer, jauhnya kurang lebih 1.5 Km atau sekitar 45 menit berjalan kaki melewati jalan tangga berbatu. Jika dilihat dari namanya tempat wisata satu ini memang sangat unik. Dan nama tempat Curug Sawer muncul karena besarnya percikan curug dari pusat jatuhnya air terjun. Oleh karena itu, meskipun kamu berada jauh dari air terjun tersebut, tubuh kau akan tetap basah oleh percikan air tersebut. Curug Sawer ini pun sangat instagramable lho.. Ckrek... Ckrek... Hehe...

Kawasan Curug Sawer
Air Terjun Curug Sawer
Fungsi Jembatan Disini Untuk Berfoto Ria

Jangan Khawatir Kelaparan, Banyak Jajanan Disini


Kamu dapat melihat beberapa anak sungai dan biasanya digunakan untuk mandi bagi kamu yang tahan terhadap dingin, karena memang kawasan Curug Sawer ini berada pada ketinggian antara 900 - 1025 mdpl. Curug Sawer ini pun mempunyai ketinggian 35 meter.

Seorang Ayah Yang Sedang Mengawasi Anaknya Bermain di Sungai

Pada awalnya memang tempat wisata Curug Sawer ini merupakan tempat yang sepi dengan pengunjung, karena tempatnya yang tersembunyi dan belum terawat, juga masyarakat sekitar menganggapnya dengan kawasan yang angker ihhh serem....

Namun, setelah tempat wisata ini mendapatkan perhatian dan mulai dibenahi, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Dan saat ini pun tempat wisata Curug Sawer tak pernah sepi dengan pengunjung. Bahkan banyak orang yang menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk syuting film atau iklan produk tertentu.


Setelah Ramai Dikunjungi, Tidak Ada Lagi Kesan Angker


Di sekitar kawasan Curug Sawer dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya, adanya sarana toilet dan mushola yang cukup bersih, hingga adanya kantin dan pedagang makanan ringan yang biasa kamu jajan di sekitar rumah atau di sekolahan seperti cilok, basreng, cilor, cihu, jagung rebus dan ada juga yang menjual accessories tradisonal. Menjadikan tempat ini sebagai tempat beristarahat bagi pengunjung ketika sudah lelah menuruni jalan menuju air terjun Curug Sawer.

Sudah Seperti Kantin Sekolah Dasar
Kantin Curug Sawer

Setelah puas bermain air, klo kamu sudah lelah dan gak mau menaiki tangga ke atas menuju pintu masuk Situ Gunung Suspension Bridge, tenang saja gaes... ada banyak abang ojek yang akan mengantar kamu kembali ke pintu masuk dengan membayar sebesar Rp 50.000 aja dengan jalan memutar sejauh 4 Km.

Kang Ojeg Siap Mengantar Kamu Kembali

Setelah dari Curug Sawer, kami pun kembali ke area camping ground, untuk ishoma. Cukup lelah gaes, karena harus menaiki tangga batu itu kembali, beberapa kali kami berhenti untuk istirahat.

Selanjutnya setelah cukup istirahat, setelah Ashar, kami menuju tempat wisata yang ke-tiga yaitu Danau Situ Gunung gaes, lumayan jalannya sekitar dua kiloan menurun kebawah, sekitar 25 menit berjalan kaki, klo gak mau capek jalan kaki, ada banyak ojeg gaes.

Danau Situ Gunung, Sukabumi

Tempat Menaiki Getek

Disini kamu akan dimanjakan akan keindahan alam danau. terdengar banyak kicauan burung. Kamu bisa naik getek untuk menelusuri danau dengan biaya hanya 15.000/orang.

Diatas Getek Juga Merupakan Tempat Favorit Untuk Berfoto

Dua Pengayuh Getek


Kalau kamu beruntung, setiap hari libur ada komunitas burung hias yang suka latihan disini, jadi kamu bisa melihat keindahan terbangnya burung seperti Macaw, Betet Jawa, Bayan, dan lainnya yang akan dilepaskan terbang dan kembali lagi kepemiliknya ketika nama si burung disebut atau dengan suara peluit. Sangat menghibur gaes.

Macaw dan Bayan


Oh iya gaes diwisata danau Situ Gunung ini kamu gak dikenakan biaya masuk lagi, dan klo kamu capek mau pulang nanjek jalan kaki, kamu bisa naik ojek kembali ke area pintu masuk dengan biaya hanya Rp. 20.000.

Sekian saja ya gaes review saya tentang Tempat Wisata Situ Gunung,  disana ada tiga tempat yang wajib dikunjungi, yaitu Jembatan Gantung Terpanjang Se-Indonesia, Air Terjun Curug Sawer dan Danau Situ Gunung. Sangat cocok untuk mengajak keluarga kamu, anak-anak pun betah main disini.

Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Sering Dibaca

BUKU ANAK INI ADALAH BUKU SYI'AH

TIGA KATA SULIT DAN TERLARANG DIUCAPKAN